TRANSMIGRASI, Pengertian dan Tujuannya - SDN SEBOMENGGALAN

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tuesday, November 8, 2016

TRANSMIGRASI, Pengertian dan Tujuannya

Indonesia memiliki  wilayah yang sangat luas. Selain itu, tanahnya pun subur. Namun, hal tersebut tidak menjamin penduduk Indonesia  hidup sejahtera. Penduduk Indonesia banyak yang hidup miskin. Hal itu disebabkan oleh luas dan suburnya  tanah tidak diolah dengan baik.
Dalam hal mengatasi masalah tersebut, pemerintah telah membuat kebijakan agar penduduk melakukan transmigrasi. Transmigrasi  merupakan perpindahan penduduk dari tempat yang padat penduduknya ke tempat yang jarang penduduknya. Tujuan dari kegiatan transmigrasi ini adalah untuk penyebaran dan pemerataan  penduduk.

Penduduk yang melakukan transmigrasi akan ditanggung biayanya oleh pemerintah. Mereka diberikan kesempatan untuk mengolah tanah pertanian. Misalnya, penduduk Jawa yang banyak hidup dalam kemiskinan, dianjurkan untuk bertransmigrasi. Dari progam tersebut setiap keluarga akan mendapat lahan cukup luas, rumah, dan biaya hidup selama belum panen.
Pemerintah  berharap, dengan terlaksananya  transmigrasi, penduduk Indonesia akan hidup lebih sejahtera. Penduduk Indonesia pun juga merata. Dari pada hidup di kota tetapi mengalami kemiskinan, lebih baik melakukan transmigrasi, bukan?